Apa itu Clean Eating?
23 Jan 2019
sheila
Share :

Clean eating merupakan istilah yang tengah marak diperbincangkan diperbincangkan di media sosial, baik itu di twitter, path, instagram maupun dalam blog para blogger-blogger yang sedang dalam misinya untuk memiliki hidup lebih sehat.

Sebenarnya apakah clean eating itu? Clean eating adalah gaya hidup yang meminimalisir atau sama sekali menghindari makanan yang mengandung bahan pengawet, perasa buatan dan dibuat melalui olahan dari pabrik. Mencoba gaya hidup “clean eating”  berarti kamu harus bisa meninggalkan makanan siap saji (junk food) yang kaya akan garam dan tinggi kalori. Awalnya pasti akan terasa berat, tetapi kamu akan terbiasa melakukannya ketika sudah mencapai minggu ke 8 sampai 12. Mulailah konsumsi daging segar (whole meat), bukan daging yang sudah diolah atau sudah dalam kemasan.

Tambahkan porsi buah dan sayur dalam menu makanan sehari-hari. Bukan hanya jumlahnya, namun kamu juga harus mulai memperbanyak jenisnya. Selain itu, mulailah mengonsumsi biji-bijian seperti gandum utuh, oatmeal dan biji-bijian lain yang merupakan sumber karbohidrat yang lebih baik bagi tubuh. Sebisa mungkin gantilah beras putih menjadi beras merah, kamu juga dapat mengonsumsi bekatul yang kaya akan serat dan vitamin.

Sebelum membeli makanan, kamu sudah harus memperhatikan dengan seksama label yang tertera pada kemasannya. Bacalah terlebih dahulu komposisi pada roti-roti yang akan kamu beli, karena tulisan “whole white grain” masih mengandung tepung yang merupakan karbohidrat sederhana.

Jika kamu pikir masih terlalu berat dan masih ingin menikmati makanan dalam kemasan, pilihlah produk yang jumlah bahan penyusunnya sedikit. Mulailah mengonsumsi makanan dengan komposisi tidak lebih dari 5 jenis bahan makanan. Hentikan pula penggunaan produk penyedap rasa. Ada baiknya bubuk penyedap rasa diganti dnegan rempah segar. Dan jangan lupa untuk mengganti garam dapur dengan garam laut. Penggunaan bahan-bahan organic pun sangat dianjurkan untuk kamu yang sedang ingin mencoba gaya hidup clean eating.

Clean eating mengacu pada gaya hidup secara keseluruhan dalam sehari-hari. Pola makanan ini menyarankan untuk makan enam kali sehari dalam porsi kecil, olahraga 5-7 kali seminggu, minum cukup air putih dan tahu benar bahan-bahan yang kamu masukkan ke dalam tubuh.

Masih butuh dorongan untuk melakukan clean eating? Banyak penelitian telah membuktikan manfaat dari clean eating. Mengonsumsi makanan mentah dan segar diyakini dapat mencegah berbagai penyakit mematikan, menurunkan sekaligus menjaga berat badan dan juga membuat kulit lebih bersinar.

Kalau kamu tidak memiliki banyak waktu untuk memasak sendiri clean eating versi kamu, sekarang ini sudah banyak kok catering sehat yang dapat membantu kamu mewujudkan goal kamu dengan harga yang terjangkau, selamat makan sehat!

Beli Barang di Artikel ini