Fighting Cancer: Harapan Datang dari Kebiasaan Baik
23 Jan 2019
akbar
Share :

Kanker adalah penyakit dimana sel dalam tubuh bermutasi dan membelah diri secara tidak terkontrol  hingga menyebar ke jaringan sekitarnya. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh manusia, namun jangan khawatir, harapan untuk pulih tidaklah kecil. Dengan mengatur pola makan serta gaya hidup, kamu dapat membantu tubuhmu berperang melawan sel kanker. Internet memang sumber dari informasi yang lengkap, namun banyak juga artikel serta berita yang mengandung informasi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan sehingga membuat kamu bingung. ForLife akan membantumu merangkum kebiasaan-kebiasaan baik yang dapat kamu lakukan untuk membantu tubuhmu berjuang melawan kanker.

Nutrisi yang baik sangatlah dibutuhkan oleh pejuang kanker untuk bertahan melawan penyakitnya. Dulu, banyak yang percaya bahwa pejuang kanker tidak boleh terlalu lelah dan harus beristirahat total di tempat tidur. Pernyataan ini tidaklah salah, namun hanya baik dilakukan di kondisi tertentu seperti: tubuh yang terlalu sakit saat digerakan, detak jantung yang terlalu cepat, dan sesak nafas. Penelitian terbaru yang ForLife sadur dari American Cancer Society mengungkapkan bahwa olahraga dapat meningkatkan kualitas hidup serta kemampuan fisik, jadi jika pejuang kanker tidak merasakan kondisi tersebut, alangkah baiknya jika mulai berolahraga.

Efek-efek baik yang ditimbulkan oleh olahraga yang teratur antara lain: meningkatkan fungsi  tubuh (kemampuan dalam menggerakan tubuh, dll), memperbaiki  keseimbangan, menurunkan risiko kerusakan jantung, meningkatkan rasa percaya diri, mengurangi rasa mual, dan mengurangi rasa lelah.  Namun, jenis dan intensitas olahraga yang dapat dilakukan harus dikonsultasikan terlebih dahulu oleh dokter karena semuanya bergantung pada kondisi individu itu sendiri. Sama halnya dengan olahraga, pola makan juga harus dikonsultasikan dahulu oleh dokter atau ahli gizi agar sesuai dan efektif membantu tubuh melawan sel kanker. Namun, sebagai gambaran, ForLife punya beberapa tips untuk memperbaiki pola makanmu:

  • Konsumsi lebih banyak protein setelah menjalani kemoterapi, operasi, atau terapi radiasi. Protein dapat membantu percepat penyembuhan jaringan-jaringan tubuh dan mengurangi risiko infeksi. Contoh protein yang dapat kamu konsumsi adalah: ikan, unggas, daging merah (tanpa lemak), telur, susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan selai kacang.
  • Beberapa jenis lemak, seperti monosaturated dan polyunsaturated, berperan penting dalam keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Tubuh menghancurkan lemak dan menjadikannya energi. Lemak juga berperan dalam mengantarkan beberapa jenis vitamin ke darah. Lemak yang baik untuk dikonsumsi antara lain: minyak zaitun, minyak kacang, minyak jagung, dan makanan laut (seafood).
  • Berbicara tentang energi, karbohidrat adalah sumber energi utama untuk tubuh. Mengonsumsi  karbohidrat dapat membantu aktivitas tubuh dan memaksimalkan fungsi organ. Sumber karbohidrat yang terbaik adalah dari buah, sayur, dan gandum.
  • Minum air mineral yang cukup, karena semua organ tubuh membutuhkan air untuk berfungsi. Rasa mual yang timbul setelah kemoterapi juga dapat memicu dehidrasi, sehingga konsumsi air lebih banyak sangat dibutuhkan.
  • Vitamin dan mineral dapat memperkuat sistem imun tubuh, namun tetap konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter perihal berapa banyak dan jenis vitamin apa saja yang tidak berpengaruh kepada efektivitas kemoterapi ataupun radiasi.

Selain jenis makanan yang harus dikonsumsi, ada pula beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Selalu cuci tangan sebelum makan dan menyiapkan makanan
  • Cuci dengan bersih semua sayur dan buah yang akan dikonsumsi
  • Masak daging (putih maupun merah) di temperatur yang benar. Jangan makan daging yang kurang matang atau terlalu matang.
  • Hindari makan sushi atau makanan mentah lainnya.

Selain olahraga dan mengatur pola makan, ada satu hal lagi yang penting: pikiran yang positif. Berpikiran positif saat sedang mengalami sakit memang bukan hal yang mudah, namun semua itu mungkin jika kamu berusaha. Carilah support group untuk pejuang dan penyintas kanker di kotamu dan berbagilah semangat serta cerita dengan mereka. Dukungan yang kamu dapat dari orangtua, teman, serta sesama pejuang akan membantumu bangkit dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Dengan pola makan yang benar, olahraga teratur, serta pikiran yang positif, kamu sudah banyak membantu tubuhmu dalam perangnya melawan kanker. Ingat, harapan datang dari kebiasaan baik.