Knowledge Center
Cara Memperkuat Sistem Imun Tubuh di Musim Hujan
14 Feb 2020
jasmine
88
Share :

Musim hujan sudah berlangsung beberapa bulan kebelakang dan diprediksi akan berlanjut hingga bulan Maret. Di musim hujan seperti ini, tubuh kita menjadi lebih rentan terhadap penyakit mulai dari flu, diare, demam tifoid, hingga DBD. Salah satu cara untuk menghindari penyakit-penyakit ini adalah dengan memperkuat sistem imun tubuh.


Apa itu sistem imun tubuh atau immune system? Singkatnya, sistem imun tubuh adalah sistem pertahanan dalam suatu organisme yang melindunginya dari penyakit. Cara kerja sistem imun adalah dengan mendeteksi berbagai patogen, dari virus hingga cacing parasit, dan membedakannya dari jaringan sehat organisme itu sendiri.


Jadi, bagaimana cara kita memperkuat sistem imun agar tidak mudah terkena penyakit? Sebenarnya samapi sekarang belum banyak fakta yang diketahui tentang hubungan antara sistem imun dengan gaya hidup, tapi bukan berarti itu tidak menarik untuk dipelajari. Para peneliti sedang mencari tahu efek dari makanan, olahraga, usia, tekanan psikologis, dan faktor-faktor lain pada sistem imun. Sementara itu, berikut adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk memperkuat sistem imun di musim hujan ini:


- Tidak merokok. Efek tembakau pada sistem imun salah satunya adalah mengurangi kadar antioksidan dalam darah (seperti Vitamin C) yang berpengaruh besar pada kekuatan sistem imun.


- Makan lebih banyak buah dan sayur. Buah dan sayur yang baik untuk sistem imun adalah antara lain blueberry, brokoli, ubi, dan bayam.


- Olahraga dengan rutin. Olahraga selain dapat membuat tubuh lebih sehat secara keseluruhan, juga dapat memperlancar sirkulasi yang membuat sel-sel dan zat-zat dari sistem kekebalan tubuh bergerak melalui tubuh secara bebas dan melakukan pekerjaan mereka secara efisien.


- Tidur yang cukup. Selama tidur, sistem imun melepaskan protein yang disebut sitokin, yang beberapa diantaranya meningkatkan kualitas tidur. Kamu perlu sitokin tertentu dengan jumlah besar saat sedang memiliki infeksi atau peradangan, atau saat sedang stress. Ditambah lagi, antibodi dan sel yang bekerja melawan infeksi dapat berkurang saat kamu kurang tidur.


-Kurangi stres. Ketika merasa stres, kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan antigen berkurang. Itu sebabnya kita lebih rentan terhadap infeksi. Hormon stres kortikosteroid dapat menekan efektivitas sistem kekebalan tubuh (misalnya menurunkan jumlah limfosit).


- Menu makanan sehat. Selain memperbanyak makan sayur dan buah, perbanyak pula konsumsi dark chocolate, kunyit, salmon, jahe, bawang putih, dan almond. Makanan-makanan ini dipercaya dapat membantu memperkuat sistem imun dengan kandungan-kandungan nutrisi, vitamin, dan Omega 3 di dalamnya.


Dengan terus menjalani gaya hidup sehat dan terus mengonsumsi makanan sehat, kamu telah mengambil langkah untuk menghindari penyakit di musim hujan. Jangan lupa untuk terus jaga kebersihan terutama kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan setelah beraktivitas.

Beli Barang di Artikel ini