Knowledge Center
Kebutuhan Nutrisi yang Seimbang
05 Jan 2022
alvin
0
Share :

Nutrisi Seimbang

Slogan 4 sehat 5 sempurna pasti kamu pernah mendengarnya. Itu adalah pedoman makanan sehat untuk kita demi menjaga kebutuhan gizi kita. Namun, sekarang slogan itu tidak lagi dianggap valid, karena ada slogan baru untuk kita yang dianggap lebih baik yaitu Empat Pliar Prinsip Pedoman Gizi Seimbang, apa saja keempat pilar itu? Mari kita cari tau bersama.


1. Mengonsumsi Makanan Beragam


Untuk memenuhi zat yang dibutuhkan tubuh, kita bisa menyeimbangkan semuanya dengan cara memakan beragam makanan agar semua zat yang diperlukan bisa terpenuhi. Sebagai contoh, nasi untuk karbohidrat dan kalori. Sayur dan buah untuk serat dan vitamin. Sebab itu kita perlu makan yang beraneka ragam agar makanan itu bisa saling melengkapi satu sama lain demi kepentingan terpenuhinya gizi kita.


2. Membiasakan Perilaku Hidup Bersih


Perilaku ini berguna untuk menjauhkan kita terinfeksi beragam kuman yang bisa berdampak negative untuk tubuh kita, yang mana jika kita terinfeksi bisa menurunkan selera makan apalagi bagi anak-anak.


3. Melakukan kegiatan fisik


Olahraga sangat penting dan tidak boleh dilupakan karena sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan masuk dan keluarnya sumber energi. Tanpa olahraga, pencernaan dan system metabolism tubuh bisa terganggu.


4. Mempertahankan dan memantau berat badan (BB)


Ahli kesehatan menyarankan, setiap orang agar memantau berat badannya secara rutin. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu cara agar menghindari terkenanya obesitas. Saat kamu memantau berat badan, kamu bisa tahu apakah berat badan mulai naik atau turun. Jadi kamu harus menjaga pola makan menjadi lebih sehat dan menambah aktivitas fisik. Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 yang dikeluarkan oleh Pemerintah, disebutkan bahwa angka obesitas di Indonesia meningkat sejak tahun 2013. Dari yang semula 14% menjadi 21%, atau bisa dibilang naik sebanyak 7%. Yang artinya, semakin banyak masyarakat Indonesia mengalami kenaikan berat badan. Memantau terus berat badan dan pertahankan agar indeks massa tubuh (IMT) berada dalam batas normal. IMT merupakan pengukuran lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan.


Nilai IMT yang tinggi menandakan kelebihan berat badan (overweight) atau obesitas, sehingga harus diturunkan. Sementara nilai IMT yang di bawah normal bisa berarti kekurangan asupan kalori dan protein, sehingga perlu dinaikkan. Mengonsumsi nutrisi yang sehat dan lengkap memang penting untuk kesehatan tubuh. Namun, gaya hidup yang bersih, aktif, dan terkontrol juga tidak kalah penting dalam menjaga berat badan maupun kesehatan secara menyeluruh. Itulah mengapa pedoman gizi seimbang ini perlu diterapkan dalam kehidupan kita setiap hari.


Beli Barang di Artikel ini
Latest