Knowledge Center
Kurangi Risiko Penyakit Jantung pada Dewasa Muda dengan Gaya Hidup Sehat!
21 Feb 2020
jasmine
88
Share :
Biasa dikenal dengan penyakit “orang tua”, faktanya sekarang serangan jantung mulai umum terjadi di usia muda. Menurut penelitian terbaru dari American College of Cardiology, dewasa muda usia 20 hingga 30 tahun mulai memiliki risiko yang tinggi akan serangan jantung. Ini tentunya berhubungan erat dengan gaya hidup dewasa muda di jaman sekarang. Apa saja yang bisa Anda lakukan dalam memperbaiki gaya hidup dan menurunkan risiko serangan jantung?
1.     Berhenti Merokok

Rokok adalah salah satu penyebab utama dari penyakit jantung koroner. Dipercaya bahwa rokok bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner hingga 4 kali lipat! Hal ini terjadi karena rokok bisa merusak lapisan dinding arteri koroner sehingga terjadi penumpukan lapisan lemak yang menyebabkan penyempitan di pembuluh darah.  

Jumlah oksigen dalam darah juga akan berkurang karena karbon monoksida yang terkandung dalam asap rokok saling mengikat dengan hemoglobin dan nikotin sehingga berakibat pada respon tubuh yang memacu aktivitas sistem saraf simpatis sehingga jantung berdetak lebih cepat dan tekanan darah meningkat. Kondisi ini ditambah dengan pembuluh darah yang sudah menyempit menjadi jalan tol untuk serangan jantung.

2.     Jaga pola makan sejak dini

Tidak menjaga pola makan dengan anggapan “mumpung masih muda” adalah salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan oleh para dewasa muda. Makanan seperti junk food, dan makanan yang tinggi gula, tinggi garam, tinggi lemak, dan mengandung banyak pengawet adalah penyebab dari penyakit kolesterol, trigliserida, asam urat, gula darah/diabetes, hipertensi, dan obesitas. Penyakit-penyakit inilah yang akan memicu terjadinya serangan jantung. Dengan meminimalisir risiko terkena penyakit di atas, otomatis Anda juga telah meminimalisir risiko terkena penyakit jantung.

3.     Kurangi konsumsi minuman beralkohol

Banyak dewasa muda yang melepaskan penat dan stres dengan berkumpul bersama teman-teman sambil mengonsumsi minuman beralkohol. Kebiasaan ini jika terus dilakukan dengan tanpa membatasi konsumsi alkohol, dapat meningkatkan risiko hipertensi, stroke, aritmia jantung, dan kematian mendadak.

Konsumsi alkohol lebih dari dua gelas sehari dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan cardiomyopathy, kondisi di mana otot jantung melemah.

4.     Olahraga Secara Rutin

Kesibukan sering menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Mulailah dengan meluangkan waktu 20 hingga 30 menit untuk berolahraga minimal 5 kali dalam seminggu. Anda bisa melakukan olahraga yang paling efektif untuk menjaga kesehatan jantung seperti: jalan kaki, jogging, berenang, atau sekadar naik-turun tangga.

5.     Kelola stres

Banyak pikiran atau stres tentunya sering terjadi di kehidupan dewasa muda. Stres karena kerjaan, stres karena kehidupan sosial, dan masih banyak lagi. Tentunya, stres tidak bisa sepenuhnya dihindari, tapi bisa dikelola dengan baik.

Stres yang tidak dikelola dengan baik dapat memicu tubuh untuk memproduksi adrenalin lebih banyak sehingga membuat jantung bekerja lebih keras. Kondisi ini membuat tekanan menjadi tinggi sehingga menyebabkan risiko serangan jantung.

6.     Konsumsi Air Mineral yang Cukup

Jantung membutuhkan beberapa hal untuk dapat bekerja dengan baik, beberapa diantaranya adalah kekuatan otot, kelengkapan mineral dalam tubuh, dan kecukupan cairan yang akan mengisi pembuluh darah. Disini jumlah air mineral yang Anda konsumsi setiap harinya menjadi penting.

Tubuh yang kekurangan cairan akan meningkatkan risiko kekentalan darah yang berpotensi menimbulkan sumbatan dalam pembuluh darah. Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan, pembuluh darah yang tersumbat ditambah dengan faktor-faktor lain yang menyebabkan jantung berdetak cepat dan tekanan darah meningkat membuat risiko serangan jantung dan stroke meningkat tajam.

Dengan terus menjaga gaya hidup Anda, Anda sudah mengurangi risiko penyakit jantung. Jangan lupa untuk terus periksakan kondisi jantung dengan pemeriksaan seperti: EKG, Treadmill, dan Calsium Scoring.

Beli Barang di Artikel ini