Knowledge Center
Menjaga Stamina Saat Mudik
31 Oct 2019
mansoor
38
Share :

Mudik merupakan salah satu tradisi yang sudah bertahun-tahun dilakukan oleh masyarakat Indonesia setiap menjelang lebaran. Perjalanan panjang selama mudik memerlukan persiapan-persiapan yang matang agar mudik tetap lancar.


Dalam merencanakan persiapan untuk mudik, waktu dan jarak tempuh merupakan hal pertama yang harus dipikirkan, Anda perlu tahu perkiraan kapan akan tiba di tujuan agar dapat menyesuaikan persiapan yang akan Anda bawa saat mudik. Perhitungkan pula kemungkinan terjadinya kemacetan sehingga akan menambah waktu tempuh yang Anda lalui.


Mulailah dari list sederhana berikut ini untuk membantu persiapan Anda dalam mudik Lebaran agar tetap sehat dan aman dalam perjalanan:


Cukupkan Istirahat

Persiapkan stamina jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan, agar kondisi tubuh Anda tetap sehat dan bugar dengan menghindari

begadang jika Anda merencanakan berangkat pagi hari. 


Pilih Waktu Perjalanan

Cari informasi lalu lintas mudik yang akan Anda lewati, agar dapat membantu menentukan waktu perjalanan yang paling ideal. 


Periksa Kondisi Kendaraan

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, periksa kondisi kendaraan dan bawalah surat-surat kendaraan Anda, jangan lupa bawa suku cadang yang diperlukan untuk antisipasi jika kendaraan terjadi kendala di tengah perjalanan.


Membawa Obat-Obatan

Untuk Anda yang memiliki penyakit  tertentu, membawa obat-obatan merupakan suatu kewajiban. Begitupula bagi Anda yang bugar, bawalah obat-obatan sederhana yang dapat menjadi pertolongan pertama Anda saat terjadi hal tidak diinginkan, seperti obat sakit kepala, obat maag, obat diare, dan cream penghangat tubuh. Hindari mengonsumsi obat-obatan yang dapat membuat Anda mengantuk selama perjalanan.


Beristirahat dalam Perjalanan

Kenali kondisi tubuh Anda sendiri, setiap orang memiliki jam biologis untuk beristirahat. Rehatlah sejenak jika Anda sudah merasa kelelahan saat perjalanan.


Konsumsi makanan yang baik dan bergizi

Saat melakukan perjalanan, Anda butuh banyak energi. Jangan lupa konsumsi karbohidrat yang cukup saat sahur jika Anda memutuskan pergi saat siang hari. Jangan lupa pula untuk meminum cukup air dan mengonsumsi vitamin tambahan agar stamina tubuh Anda tetap terjaga.


Lakukan peregangan ringan

Tubuh perlu peregangan untuk menjaga otot menjadi tegang dan tidak mudah lelah. Lakukan peregangan ringan setiap 2-4 jam sekali dalam perjalanan. Hiruplah udara sebanyak-banyaknya untuk membantu rileksasi otak dan tubuh.


Berhati-hatilah

Tetap waspada selama perjalanan, jika Anda menggunakan mobil pribadi, jangan lupa memperhatikan kecepatan kendaraan Anda. Utamakan keselamatan diri Anda dan orang lain. Jika Anda pergi dengan menggunakan angkutan umum, jaga selalu barang bawaan Anda, dan tetap waspada terhadap lingkungan sekitar.


Beli Barang di Artikel ini