Knowledge Center
Protokol Kesehatan Pemerintah untuk Penanganan Covid-19
18 Mar 2020
jasmine
84
Share :

    Baru-baru ini pemerintah telah menerbitkan 5 protokol kesehatan terkait penanganan Covid-19. Dari aspek kesehatan, Kemenkes telah mematok suhu 38 derajat Celcius sebagai titik demam. Jika kamu mengalami demam dengan suhu tersebut atau lebih, pemerintah menyarankan untuk langsung dirujuk ke Rumah Sakit terdekat. Pemerintah juga mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker, dan selalu menutup mulut dengan siku bagian dalam atau lengan baju bagian atas setiap bersin dan batuk di tempat umum. Masyarakat yang merasa sakit juga dihimbau untuk tidak menggunakan transportasi umum untuk meminimalisir kemungkinan risiko penyebaran penyakit.


    Apabila ditemukan ada yang memenuhi kriteria suspect COVID-19 (demam tinggi, flu, batuk), suspect tersebut akan langsung dirujuk ke salah satu RS rujukan COVID-19 dan dirawat di dalam ruang isolasi. Jika penyakit tidak masuk dalam kriteria suspect COVID-19, penanganan akan disesuaikan dengan rujukan dari dokter yang memeriksa.


    Terkait pemeriksaan di daerah, pemerintah menerapkan cara yang sama melalui pengambilan spesimen suspect COVID-19 yang dikirim langsung ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) untuk mengetahui status suspect. Pemerintah menyatakan seorang pasien negatif COVID-19 apabila dinyatakan negatif setelah melalui 2 kali tahapan pemeriksaan. Jika belum maka sesuai prosedur kesehatan akan terus dirawat dalam area isolasi.


    Selanjutnya dari aspek protokol area pendidikan. Sekolah-sekolah diminta untuk menyediakan sarana cuci tangan. Pemerintah menginstruksikan seluruh warga sekolah untuk selalu hidup bersih dan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh. Setiap sekolah harus membersihkan ruangan 1 kali sehari miminal menggunakan zat disinfektan.

    

    Pihak sekolah juga harus memonitor absensi ketidakhadiran seluruh warga sekolah. Pastinya, salah satu alasan mereka tidak hadir adalah karena sakit. Mereka yang sakit diarahkan untuk melakukan check-up.


    Pemerintah juga telah menyediakan hotline 119 sebagai sarana respons cepat untuk masyarakat.


    Terus jaga kesehatan diri dengan selalu mencuci tangan dan menjauhi tempat-tempat ramai sebagai tindak preventif COVID-19. Kami berharap kamu tetap sehat dan semangat!

Beli Barang di Artikel ini